Newsfeed

27 September 2014

Materi Analisa Profesi Bisnis


Pertemuan 1

Kehidupan perusahaan pada dasarnya ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia dalam arti pendidikan yang relative tidak berkhir. Sedangkan analisa didalam bisnis adalah perhitungan yang diharapkan menguntungkan sebuah organisasi perusahaan. Sedangkan prosses bisnis itu sendiri pada dasarnya dimulai dengan kelengkapan data data yang dibutuhkan.

Untuk kekuatan sebuah organisasi bisnis pada dasarnya mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
1.       Manusia/Man
Merupakan kunci pokok tentang arah bisnis yang ditetapkan dengan catatan ………. Atau dengan kata lain, sumber Daya Manusia adalah aset termahal yang dimiliki perusahaan.
2.       Money/Capital
Untuk menjalankan segala aktivitas perlu dibiayai sejumlah dana tertentu. Dalam uangf kita juga mengenal keinginan yang berlebihan.
Bank adalah lembaga keuangan formal yang mempunyai tugas penting menyalurkan kredit kepada kegiatan ekonomi.
3.       Material
Organisasi indudtri selalu berkepentingan tentang pembelian bahan baku yang tugasnya diproses menjadi barang jadi atau meningkatkan nilai ekonominya. Didalam ilmu material, juga kita berhadapan tentang penguasaan standar bahan baku itu dan disebut dengan Ekonomi Order Quantity EOQ dimana hal ini menjelaskan/menghitung pembelian minimal dengan biaya yang minim.
4.       Mesin/technology
Berkaitan denga sumber daya manusia yang dimiliki suatu Negara maka cenderung tingkat teknologi yang ada sebanding dengan kualitas sumber daya manusianaya. Setiap Negara untuk bisa bersaing dengan Negara maju lainnya juga ditentukan dari tingkat teknologi yang dimiliki.
5.       Metode/managemen
Kehidupan normalisai bercirikaan sejumlah orang dengan bagian bagian yang berbeda. Managemen diharapkan bekerja untuk mencapai tujuan dengan cara bekerja sama, sehingga setiap bagian tertentu haru terdapat seorang kepala didalamnya. Seorang manager hanya bisa mencapai tujuannya dengan cara megajak bawahanya bekerja bersama-sama.

Organisasi :
Dimana ada kegiatan industry disitupula ada organisasi dengan demikian organisasi dapat diartikan sebagai satu wadah untuk menampung sejumlah orang dan ditempatkan pada sejumlah bagian yang ada. Organisasi juga memberikan pengertian akan menempatkan SDMnya ditempat sesuai dengan bidangnya. Sedangkan kualifikasi tentang manusia bisa dihubungkan dengan tingkatan tingkatan management yang ada, antaralain : (lambang pyramid)
1.       Top Manageme
2.       Middle Management
3.       Low Management
4.       Worker Managemen

Dalam analia proses bisnis kita perlu memahami :
1.       Usaha
Tindakan/perbuatan yang dilakukan seseorang dalam bidang perekonomian dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.
2.       Pengusaha
Setiap orang/kelompok dalam bentuk badan (PT, CV, dll) untuk menjalankan suatau jenis perussahaan.
3.       Perusahaan
Bentuk usaha yang menjalankan biasanya memiliki kekuatan dengan 5M. Ciri-ciri daripada setiap kegiatan harus didasarkan pada kerjasama atau setiap kegiatan usaha bercirikan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.

Jenis-jenis Perusahaan antara lain :
1.       PT (Perseroan Terbatas)
Sebuah perusahaan yang didirikan berdasarkan perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham. PT adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, sedangkan kata terbatas pada PT diartikan sebagai keterbatasan pemili modal sebesar persentasi modal yang dimiliki untuk menagnggulangi bila perusahaan mengalami kerugian. Perose pencatatan dan pengesahannya harus melalui departemen hukum dan ham, misalnya untuk menghindari adanya nama pperusahaan yang sama. Perusahaan besar yang disebut dengan TBK atau Terbuka adalah perusahaan yang menjual sahamnya dipasar bursa dengan catatan menjual saham berarti menarik modal dari masyarakat, mengajak masyarakat untuk berinfestasi dan biasanya melalui pembelian saham, antara lain saham biasa dan saham preference.
2.       CV (perusahaan comanditer)
Satu bentuk kerjasama untuk melakukan sebuah kegiatan tertentu antara lain :
1.       Sekutu yang menjadi pengurus suatu persekutuan.
2.       Sekutu yang tidak bekerja atau pasif.
Persekutuan comanditer juga mengenal antara lain ;
1.       Persekutuan komanditer diam-diam.
Artinya yang bersangkutan belum menyatakan sebagai persekutuan comanditer
2.       Perseklutuan comanditer terang-terangan
Yaitu yang bersangkutan sudah menyatakan dirinya kepada pihakl ke tiga sebagai persekutuan comanditer.
3.       Persekutuan comanditer denga saham.
Yaitu persekutuan comanditer terang-terangan yang modalnya dari saham-saham.


 Pertemuan 2

Secar umum lungkungan bisnis dapat dibagi dalam dua golongan besar, yaitu ;
1.Lingkungan bisnis internal
2.Lingkungan bisnin eksternal

Tujuan  dari suatu perusahaan adalah untuk mebnghaslkan sebuah produk pada dasarnya hal itu dapat disebut sebagai tanggung jawab social. Artinya perusahaan memunyai tugas untuk menghasilkan produk dan kenbutuhan masyarakat.

Lingkungan Bisnis Antara lain ;
1.Lingkungan Politik
2.Lingkumnan Hukum
3.Lingkungan eklonomi
4.Lingkungan Sosial dan Budaya
5.Lingkungan Teknologi

Lingkungan Politik Antara lain ;
1.Bentuk pemerintahan
2.Ideologo poliotik
3.Stabilitas pemerintah
4.Kekuatan pihak oposisi
5.Keresahan masyarakat
6.Sikap pemerintah terhadap perusahaah asing
7.Kebijakan lauar negri

Lingkungan Hukum meliuti ;
1.Tradisi hukum
2.Perjanjian dengan negara lain
3.Undanng undang paten dan merek
4.Undang undang yang mempengaruhi dunia usaha

Lingkungan Ekonomi meliputi ;
1.Tingkat pendududk yang ada
2.PEnghasilan perkapita
3.Infrastruktur
4.Keanggotaan bisnisn international
5.Perssaingna ditingkat pasar
6.Sistem perpajakan yang ada
7.Bank dan suku bunga


Lingkungan Sosial Budaya meliputi ;
1.Adat yang betlaku
2.Agama
3.Bahasa dan sikap
4.Motivasi

Lingkungan Teknologi meliputi ;
1.Riset dan pengembanagan
2.Inovasi baru
3.Tingkat penerimaaqan Dari masyarakat
4.Penyediaan trenaga tetrdidik


Pertemuan 3

Tata letak perusahaan dengan masa depan perusahaan artinya, Investor akan mempertimbangkan dengan matang, sesuai  dengan harapan peusahaan karena setiap pendiriian perusahaan pada dasarnya bersifat jangka panjanag. Pemilik modal mengaitkan tata letak perusahaan dengan masa depan investasinya.

Kehidupan industri pada dasarnya meningkat, hal ini juga menjadi bagian bahwa pesaing semakin ketat. Tetapi persaingna harus dipandang sebagai sesuatu  yang tidak bisa dihindari dari kehidupan perusahaan.

Menyangkut tata letak perusahaan, bahwa terdapat jenis tata letak perusahaan, Antara lain :
1.       Tata letak perusahaan terkait dengan alam,
Perusahaan perusahaan yang akan dibuat sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusia dan perusahaan yang terkait dengan alam disebut Industrial Oriental, misalnya : pertambangan dan pertanian.
2.       Tata letak perusahaan terkaiit dengan sejarah,
Perusahan perusahaan seperti ni disebut berkaitan dengan sejarah. Misalnya industri batik yang sejarahnya dibuat didaerah Surakarta, Yogjakarta. Sehingga bagi orang yang mengerti tentang industri batik pasti pemahamanya pasti didaerah jawa.
3.       Tata letak perusahaan terkait dengan pemerintah,
Lembaga yang sah  yang mengatur dan membina Negara itu sendiri. Perusahaan  tertentu yang dimaksud benar benar dikuassi pemerintah. Misalnya pabrik senjata, amunisi dan sejenisnya.
4.       Tata letak perusahaan terkait dengan pasar,
Didalam kegiatan ekonami kita mengenal biaya ekonomi dan hal itu berkaitan dengan biaya produksi. Dalam hal ini perusahanan yang berkaitan dengan pasar  adalah jenis jenis perusahaan yang  didirikannya dekat dengan konsumen pada umumnya, jenis industinya adalah home industry (market analis)dan biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan yang lain.


Tata letak perusahaan seperti market oriented dan model oriented merupakan dua sisi yang berbeda, sedangkan cara penentuan tata letak perusahaan juga memperhatikan hal hal sebagai berikut :
1.       Cara Kualitatif
Pendirian perusahaah harus memperhatikan terhadap sector sector yang dianggap memegang peranan penting pada pemilihan lokasi, misalnya industry batik.
2.       Cara Kuantitatif
Cara ini memberikan nilai terhadap semua pilihan. Nilai ini akan menjadi dasar keputusan dari sudut kuantittatifnya.

Dari keterangan diatas , dimana keputusan dengan cara kulitatif biasanya memperhatikan kondisi kuantitatifnya.

Perusahaan Sebagai Organisasi Industri 
 Pemerintah pada dasarnya adalah organisasi bersama untuk mengelola Negara tersebut,sehingga setiap pendapatan yang didapat organisasi industry pada umunya membayar kewajiban berupa pajak. Dengan demikian pajak adalah sumber penerimaan Negara.

Perusahaan atas nama PT biasanya diperkuat dengan data data yang didapatkan, Antara lain ;
1.       Akta Notaris
2.       Alamat Perusahaan
3.       Struktur Organisasi
4.       Dewan Komisaris
5.       Dewan Direksi
6.       Modal Yang Dibutuhkan

Berkaitan dengan alamat perusahaan biasanya berkaitan dengan wilayahnya dengan perkataan lain akan tercatat sebagai perusahaan dengan alamat yang ditentukan.
PT menjadi banyak pilihan terhadap pemilik modal, artinya dapat dianggap menjadi pemilik modal besar dengan ruang lingkup dan harapan besar.
Kehadiran PT sekarang semakin deperbaiki dengan munculnya PT yang bersifat terbuka, artinya dalam rangka memperkuat perusahaan, maka perusahaan tersebut dapat menjual sahamnya dibursa efek. Sedangkan CV belum termasuk Tbk dan selanjutnya tidak bisa menjual saham dibursa efek. 

Perusahaan yang menghasikan produk tertentu pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Didalam proses produksi perusahaan memperhatikan kualitas produk itu sendiri. Untuk memenuhi kualitas produk yang dimaksud, perusahaan biasanya perlu melakukan reset sesuai tingkat yang dibutuhkan, misalnya masyarakat umum untuk menerima kehadiran produk atau lembaga konsumen sebagai lembaga yang dianggap bisa memberikan umpan balik antara produsen dan konsumen. Dengan demikian perusahaan sebagai industry harus dalam satu pemahaman, dimana perusahaan adalah industry an sebaliknya.  


Pertemuan 4
………………………………………………. :
1.      
2.      
3.      
4.      
5.      
6.       Didalam system terdapat mekanisme control. Untuk memerangi sitem perekonomian di Indonesia tentu ada hyubungannya dengan sebuah Negara itu sendiri, Indonesia adalah salah satu Negara yang terdapat hak kemerdekaan pada th 1945 dengan sendirinya Negara Indonesia akan memilih system perekonomian yang diinginkan. Adapun pencetus pencetus pemikir masalah perekonomian Antara lain ;
1.       Dr. Muhammad Hatta, mencetuskan ide bahwa dasar perekonomian Indonesia yang sesuai dengan cita cita tentang menolong adalah perekonomian koperasi.
2.       Soemitro Joyo Kusumo, dalam pidatonya di AS th 49 menegaskan bahwa cita cita perekonomian yang ingin dibangun adalah ekonomi campuran, teta[pi dalam proses perkembangannya bentuk ekonomi yang digunakan adalah system ekonomi pancasila yang didalamnya mengandung sosialisme dan demokrasi.

Beberapa ekonomi pancasila pada dasarnya adalah muatan muatan dari undang undang 45 pasal 23, 27, 33, dan 34. Pasal tersebut menjelaskan sebagai berikut :
1.       Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.
2.       Cabang cabang koperasi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
3.       Bumi, Air dan lain lain yang terkandung didalamnya akan dipergunakan sebesar sebarnya untuk kepentingan rakyat.

Dari pengertian diatas, perekonomian Indonesia tidak menggunakan jenis jenis perekonomian sebagai berikut :
1.       Free Figh Liberalisme
Suatu system perekonomian adanya kebebasan usaha yang tidak terkendali. Hal ini akan berakibat perekonomian yang kaya tambah kaya dan yang miskin tambah miskin.
2.       System Perekomonian Eratisme
Suatu system perekonomian dimana ………………………………………………………………., sehingga dianggap mematikan inovasi dan kreasi untuk berkembang denga sendirinya.
3.       Monopoli
System perekonomian dimana adanya pemusatan ekonomi pada satu kelompok tertentu sehingga tidak memberi pel;uang kepada yang lain.
4.       System Ekonomi dan Politik
Suatu system yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antara manusia dengan seperangkat kelembagaan. Sebuah system ekonomi yang terdiri dari unsur manusia sebagai subjek dan barang barang  ekonomi sebagai objek serta adanya perangkat kelembagaan yang mengatur kegiatan perekonomian tersebut.

Kapitalisme dan Sosialisme

Untuk membedakan kapitalisme juga terkait dengan pembangunan Indonesia melalui industrialisasinya. Industrialisasi adalah hal yang palinmg kokoh untuk menjalankan perekonomian. Dalam industrialisasi terdapat sejumlah tenaga kerja dan mendapat penghasilan tertentu sebagai kekuatan ekonomi dalam hukum tawar menawar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar